Wednesday, February 13, 2013

Menentukan Harga Sewa Rumah

Mungkin cukup sederhana dan sudah semua orang tahu bagaimana untuk menyewakan sebuah rumah. Akan tetapi butuh perhitungan dan analisa agar rumah kita bisa disewakan dengan harga yang sesuai. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan harga sewa sebah rumah.

1. Seperti apakah kondisi rumah yang akan disewakan. Kondisi rumah yang akan disewakan berpengaruh langsung terhadap harga sewa. Jika rumah kita adalah rumah mewah dengan fasilitas yang lengkap maka tentu harga sewapun akan tinggi. Begitu juga sebaliknya, bila rumah kita kecil dengan hanya satu atau dua kamar tidur maka harga sewanya pun relatif murah. Selain itu keadaan bangunan pun akan berpengaruh. Rumah yang masih bagus dan terawat tentu akan memiliki nilai yang lebih tinggi.

2. Lokasi sangat menentukan harga sewa. Jika rumah kita berada pada lokasi yang strategis berada di dalam kota, maka tentu saja harga sewanya akan lebih tinggi dibandingkan dengan rumah yang sama persis akan tetapi berada jauh di pedesaan.

3. Lihat harga sewa rumah disekitar kita. Harga sewa rumah dilingkungan kita juga berpengaruh. Hal ini terutama dalam hal menarik minat calon penyewa rumah. Kita bisa saja memasang tariff yang tinggi untuk sewa rumah kita, akan tetapi biasanya konsumen lebih pintar karena sudah terlebih dahulu membandingkan harga sewa yang ditawarkan di tempat lain maupun di lingkungan sekitar kita. Jika kita menawarkan harga yang terlalu tinggi maka konsumen pun akan memilih untuk mencari di tempat lain.

Agar kita tetap mendapatkan keuntungan dengan menyewakan rumah maka hal- hal diatas perlu diperhatikan dengan seksama. Jangan sampai kita berniat mendapatkan keuntungan akan tetapi justru tidak mendapatkan penyewa karena kita memasang tarif yang di atas standar.

No comments:

Post a Comment