Monday, February 11, 2013

Tips Menyewakan Rumah

Menyewakan rumah untuk mendapatkan keuntungan dari rumah yang tidak kita tempati, atau sengaja kita sediakan untuk investasi bukanlah hal yang sederhana. Untuk mendapatkan keuntungan yang kita kehendaki ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut kami sampaikan beberapa diantaranya:

1. Perhatikan keadaan fisik rumah yang akan disewakan. Penampilan rumah dan kondisi fasilitas didalamnya mempengaruhi minat penyewa serta harga sewa nantinya. Untuk itu kita harus betul- betul memperhatikan kondisi rumah yang akan disewakan. Perbaiki fasilitas yang rusak atau hal- hal yang dianggap menurunkan nilai sewa. Walaupun perlu mengeluarkan uang untuk renovasi akan tetapi hal ini berguna untuk menarik minat calon konsumen dan sekaligus menaikkan nilai sewa.

2. Untuk mempermudah manajemen, maka carilah calon penyewa yang bersedia menyewa rumah kita untuk jangka waktu menengah yaitu sekitar 3 sampai 5 tahun. Jika hanya menyewakan tahunan maka kita perlu keluar biaya maupun tenaga jika harus mencari penyewa baru tiap tahunya. Untuk menarik penyewa agar mau terikat untuk waktu yang cukup lama, maka tawarkanlah diskon khusus.

3. Buat calon konsumen merasa nyaman. Hal ini terutama kenyamanan lingkungan maupun layanan kita sebagai pemilik rumah. Jaga hubungan dengan pengontrak agar selalu terjalin komunikasi. Jangan sampai pengontrak merasa ‘di tinggalkan’ setelah pemilik menerima uang sewa.

Ada banyak hal lain yang masih bisa di eksplorasi untuk menaikkan nilai sewa rumah kita. Silahkan di eksplorasi dimana kekurangan dan gali lebih jauh kelebihan yang bisa ditawarkan agar menarik calon konsumen.

No comments:

Post a Comment